Setidaknya ada 5 Hal Penting dalam Perawatan Forklift. Sekilas, perawatan forklift diesel tampak sulit, karena dianggap banyak makan biaya. Sehingga, banyak orang memilih truk garpu berbahan bakar bensin dengan alasan lebih murah dan gampang dirawat. Padahal, para ahli mesin lebih menyukai mesin diesel yang tahan lama dan jauh lebih hemat daripada bensin. Forklift diesel juga sangat tangguh dipakai dalam medan berat, seperti banjir. Berbeda dengan forklift bensin yang akan rusak saat mesin terlalu panas, diesel justru tangguh dalam kondisi mesin seperti itu.

Namun demikian, truk garpu bermesin diesel pun perlu mendapat perawatan atau maintenance agar performanya tidak cepat turun. Mari kita simak tips merawatnya di bawah ini.

5 Hal Penting dalam Perawatan Forklift

1. Memanaskan Mesin dan Menjaga Isi Tangki

Ketika akan menggunakan forklift mesin diesel, sebaiknya Anda perlu bersabar. Sebab, truk tersebut membutuhkan waktu minimal lima menit untuk tahap pemanasan. Selain itu, sebelum memakainya, Anda perlu memeriksa tangki bahan bakar truk tersebut. Forklift diesel menggunakan bahan bakar solar, sehingga sifatnya pasti jauh berbeda dengan bensin. Jangan gunakan truk jika isi tangkinya di bawah sepertiga dari kapasitas maksimal. Segera isi tangki tersebut dengan bahan bakar solar agar pekerjaan Anda berjalan lancar. Namun, kalau Anda memakai forklift diesel terbaru, kendala tersebut ternyata sudah diatasi. Jadi, Anda bisa pergi dengan isi tangki di atas sepertiga dari kapasitas maksimal.

2. Rutin Membersihkan Filter Udara dan Solar

Bukan rahasia lagi jika kebersihan menjadi salah satu hal penting dalam perawatan forklift diesel. Selain mencuci bagian luar truk tersebut, Anda juga harus memperhatikan kebersihan mesin dan spare part di dalamnya. Salah dua elemen yang harus diperhatikan adalah filter udara dan solar. Untuk filter udara, Anda perlu mencucinya minimal satu bulan sekali. Kalau dbiarkan terlalu lama, debu yang mengendap dalam filter tersebut akan menghambat performa mesin. Salah satunya menyebabkan aus di dalam ruang pembakaran. Hal tersebut juga berlaku terhadap filter solar yang perlu dibersihkan secara rutin. Jangan sampai sumbatan yang ada dalam filter ini membuat forklift Anda rusak dan harus diperbaiki.

3. Mengganti Minyak Pelumas Secara Berkala

Peran minyak pelumas atau oli sangatlah penting untuk mesin, termasuk forklift diesel. Agar kinerja truk Anda awet dan jarang mengalami kerusakan, rutinlah mengganti olinya secara berkala, misalnya setiap dua atau tiga bulan sekali. Penggantian minyak pelumas tersebut pun akan membuat mesin diesel forklift Anda agar tetap nyaman dan stabil. Sebaliknya, kalau oli jarang diganti, manfaatnya sebagai pelumas mesin akan berkurang dan malah mempercepat kerusakan pada truk garpu Anda. Selain mengganti oli, Anda pun perlu melumasi bagian-bagian truk yang aktif bergerak agar Anda terhindar dari hambatan seperti mesin macet di tengah pekerjaan.

4. Reparasi Injection Pump

Ada beberapa kerusakan forklift diesel yang bisa Anda perbaiki sendiri, tetapi juga ada yang harus ditangani seorang tenaga profesional. Salah satunya adalah injection pump yang harus diperbaiki di bengkel khusus. Maka, jika bagian tersebut rusak, Anda harus membawanya ke sana agar segera diurus oleh mekanik andal.

5. Menjaga Baterai

Kemudian yang paling terakhir adalah baterai. Anda harus memeriksa keadaan baterai (accu atau aki) dan kabel dalam forklift diesel. Sebenarnya, truk garpu mesin diesel bisa dinyalakan tanpa aki, yaitu dengan ditarik truk lain. Namun, perawatan forklift diesel yang baik akan membuat pekerjaan Anda lebih efektif. Demikianlah 5 hal penting dalam perawatan forklift.

Itulah beberapa Tips Perawatan Forklift yang baik dan benar

Baca juga : 

sumber : forkliftinjakarta

Comments are disabled.